Layanan Assesment

Psychological Assessment

Psychological Assessment atau Psikotes adalah tes sampel perilaku dari potensi psikologis seseorang, seperti tingkat kecerdasan, pengetahuan, kemampuan, sikap, dan kepribadian. Psikotes digunakan untuk mengukur potensi psikologis seorang kandidat yang dapat digunakan untuk memprediksi perilaku kerjanya di masa yang akan datang.

Tujuan

Kami menggunakan alat ukur psikologis yang valid dan objektif untuk memperoleh hasil asesmen yang komprehensif. Pemilihan alat ukur akan disesuaikan dengan kompetensi yang ingin dinilai berdasarkan tujuan dari asesmen. Berikut adalah beberapa tujuan dari penggunaan layanan psikotes yang kami sediakan:

  • Seleksi
  • Evaluasi
  • Promosi
  • Pendidikan

Manfaat

  • Fair and unbiased selection
  • High completion rates
  • Comprehensive assessment results
  • Highly valid and robust results
  • Report includes actionable development tips
  • Experienced psychologist consultants or I/O psychologist advisory
  • Quality professional service

Our Process Flow

  • Persiapan: Klien diberikan informasi tentang asesmen yang akan dilakukan.
  • Pengumpulan Informasi Awal: Informasi awal tentang klien dikumpulkan melalui wawancara atau kuesioner.
  • Penggunaan Alat Ukur: Alat ukur psikologis digunakan untuk mengumpulkan data lebih lanjut. Alat ukur yang digunakan akan disesuaikan dengan kebutuhan klien dan tujuan asesmen yang telah ditetapkan sebelumnya.
  • Proses Asesmen: Data dikumpulkan melalui pengamatan perilaku, pengukuran kognitif, emosi, dll.
  • Analisis dan Interpretasi Hasil: Hasil asesmen dianalisis dan diinterpretasi. Hasil ini akan digunakan sebagai dasar untuk memberikan feedback kepada klien.
  • Feedback dan Laporan Hasil: Hasil asesmen disampaikan kepada klien dalam bentuk feedback dan laporan.
  • Tindak Lanjut: Klien dibantu dalam merencanakan tindakan lanjut berdasarkan hasil asesmen. Tindakan lanjut ini dapat berupa pengembangan pribadi, pengelolaan emosi, perencanaan karir, atau tindakan lain yang relevan sesuai dengan kebutuhan klien.
  • Evaluasi: Proses asesmen dievaluasi untuk memantau perubahan klien.

 

Privasi dan Keamanan

Privasi dan keamanan dalam asesmen melibatkan perlindungan data pribadi klien dan informasi hasil asesmen. Langkah-langkah yang diambil termasuk izin dan informed consent, pengumpulan data yang diperlukan, kerahasiaan data, penggunaan alat ukur yang valid, pengamanan data, penyampaian hasil yang aman, dan penghapusan data setelah selesai, semua dilakukan untuk menjaga privasi dan keamanan klien serta mematuhi etika dan standar profesional dalam asesmen.

 

Level Jabatan dalam Pelaksanaan Kebutuhan Karir:

  • Level Staf
  • Level Supervisor
  • Level Manajerial