Artikel

ANGRY? DON'T PANIC! 3 POWERFUL WAYS TO CONTROL YOUR EMOTION

ANGRY? DON'T PANIC! 3 POWERFUL WAYS TO CONTROL YOUR EMOTION

Posted by Admin 181

Sebagai manusia, tentu kita pernah merasakan berbagai emosi, salah satunya adalah rasa marah. Marah merupakan emosi yang alami dan bersifat naluriah. Namun, rasa marah yang tidak terkendali dapat berdampak negatif, baik bagi diri sendiri maupun orang di sekitar kita. Untuk itu, penting mengendalikan emosi, sebelum emosi yang mengendalikan kita. 

Rasa marah yang tidak terkendali dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik. Amarah yang tidak terkendali juga dapat menyebabkan individu menjadi impulsif, sulit untuk berkomunikasi secara efektif, dan menimbulkan masalah kesehatan mental seperti cemas dan depresi. Selain itu, saat individu tidak dapat mengendalikan amarahnya, ia cenderung mengekspresikannya secara agresif dan tidak memperhatikan perasaan orang lain, yang berdampak pada rusaknya hubungan dengan orang lain. 

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengendalikan emosi marah yang kita rasakan?

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan:

1. Eksplor penyebab kemarahan Anda 

Pertama-tama, pahami akar permasalahan dibalik apa yang membuat Anda merasa marah. Memahami alasan yang mendasari rasa marah dapat membantu menemukan cara yang tepat untuk menghadapinya. Perhatikan dan kenali tanda-tanda awal saat Anda merasakan emosi marah tersebut, serta kelola emosi tersebut sejak awal sebelum Anda lepas kendali. 

2. Cobalah untuk menenangkan diri saat Anda merasa marah

Sebelum mencari cara yang tepat untuk mengekspresikan emosi Anda, cobalah untuk menenangkan diri terlebih dahulu. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menenangkan diri, yaitu:

  • Fokus pada sensasi fisik saat Anda merasa marah, lalu cobalah untuk bernapas dalam-dalam secara perlahan. Hal ini dapat membantu mengurangi intensitas emosi Anda. 

  • Manfaatkan kemampuan indra Anda, seperti dengan mendengarkan musik atau membayangkan diri Anda di tempat yang menyenangkan agar dapat meredakan emosi. 

  • Melakukan peregangan atau memijat bagian tubuh yang dirasa tegang saat sedang emosi juga dapat membantu meredakan amarah. 

3. Temukan cara yang tepat untuk mengekspresikan emosi Anda
Emosi marah dapat menjadi motivasi yang besar untuk mencapai perubahan positif bagi orang lain, jika penyampaian emosi dilakukan dengan sopan dan memiliki tujuan yang baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan emosi yang dirasakan yaitu:

  • Fokus pada penyampaian emosi tanpa berusaha menyerang orang lain
    Menyampaikan emosi yang Anda rasakan bertujuan agar Anda mencapai pemahaman bersama, bukan agar Anda merasa "menang" atau lebih baik dibanding orang lain. Untuk itu, saat menyampaikan emosi Anda, fokuslah pada masalah yang ada, dan hindari untuk menyerang orang lain. Anda juga perlu bersikap terbuka untuk juga mendengarkan sudut pandang orang lain, setelah menyampaikan emosi yang Anda rasakan.

  • Pilih waktu yang tepat untuk berdiskusi
    Pilih waktu yang tenang dan privat untuk menyampaikan emosi yang Anda rasakan, pastikan Anda membahas masalah tersebut saat Anda dan orang-orang di sekitar Anda sudah dalam kondisi yang bisa berdiskusi. Pastikan Anda dan orang-orang di sekitar Anda memiliki waktu yang cukup untuk mendiskusikan permasalahan dan emosi yang Anda rasakan hingga selesai. 

  • Pikirkan sebelum Anda berpendapat. 
    Perhatikan bagaimana kata-kata Anda dapat diterima oleh orang lain, salah satunya dengan menghindari mengatakan hal-hal yang dapat menyakiti atau menyinggung perasaan orang lain. Sampaikan apa yang membuat Anda marah dengan jelas dan tenang. Anda dapat menggunakan kata “saya” untuk menunjukkan perasaan Anda, dan agar tidak terkesan menyudutkan orang lain. 
    Contoh:
    ❌  : Keputusan yang Anda ambil kurang bijak, keputusan tersebut merugikan saya.
    ✅ : Saya merasa kesal karena keputusan Anda. Saya ingin mendiskusikan solusi yang lebih baik.

Gimana nih best people?

Sudahkah Anda memahami cara mengontrol emosi Anda?

Anda juga dapat mengontrol emosi Anda dengan melalui bantuan professional dengan menggunakan layanan coaching dari Marly Optima Indonesia. Coach dari Marly Optima Indonesia akan membantu Anda dalam mengelola emosi Anda dan mendapatkan goals yang Anda miliki. 

Anda juga dapat meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai isu yang Anda miliki dengan meningkatkan kompetensi coaching yang Anda miliki melalui kelas sertifikasi coaching  Marly Certified Professional Coach

 

Referensi: 

How to Become the Boss of Your Emotions. (2020). Healthline. Diakses pada tanggal 16 Maret 2024, 

https://www.healthline.com/health/how-to-control-your-emotions#consider-the-impact

Control anger before it controls you: Anger can make you feel as though you’re at the mercy of an unpredictable and powerful emotion. Learn how to control it. (2022). American Psychological Association. Diakses pada tanggal 27 Maret 2024,

https://www.apa.org/topics/anger/control 

The Ripple Effect: Uncovering the Consequences of Mishandling Anger (Physical Health, Legal Troubles, Relationship Strains, and More. (2023). Ray Of Hope: Behavioral Health. Diakses pada tanggal 16 Maret 2024,

https://www.rayofhopecolumbus.com/the-ripple-effect-uncovering-the-consequences-of-mishandling-anger-physical-health-legal-troubles-relationship-strains-and-more/ 

"You can control your anger before it controls you, and you are the winner!!!". (2019). Linked in. Diakses pada tanggal 27 Maret 2024,

https://www.linkedin.com/pulse/you-can-control-your-anger-before-controls-have-do-so-sudhakar (cara mengatasi)


Penulis:
Continuous Learning Team, Marly Optima Indonesia